Rahasia Sholat Dhuha


Sholat duha adalah sholat sunnah yang bisa dilakukan saat matahari sudah mulai terbit sepenggalah sampai matahari mulai tergelincir atau beberapa saat memasuki jaman zhuhur. Tapi ada waktu yang paling tepat untuk sholat dhuha yaitu saat matahari agak tinggi dan sengatannya agak panas.

Ibadah ini sangat dianjurkan dilakukan karena memiliki beberapa kebajikan yang sangat bermanfaat bagi mereka yang melakukannya. Untuk itu mulai sekarang, rajinlah melakukan sholat dhuha meski hanya 2 rakaat saja karena meski hanya 2 rakaat tapi manfaatnya sangat luar biasa. Di antara sekian banyak rahasia sholat dhuha, berikut ini beberapa diantaranya:

Merupakan Salah Satu Wasiat Rasulullah SAW
Sholat Duha adalah salah satu wasiat Nabi Muhammad SAW bagi kita semua. Rasulullah memiliki sebuah anjuran bahwa kita didorong untuk melakukan sholat dhuha, setidaknya 2 rakaat per hari. Dalam sebuah hadits, tentang wasiat Rasulullah seperti yang dipaparkan dari Abu Hurairah, dia berkata,

"Kekasihku (Nabi Muhammad) telah menginstruksikan saya untuk berpuasa tiga hari setiap bulan, melakukan dua rakaat dhuha dan melakukan shalat witr sebelum tidur."
[HR. Bukhari dan Muslim]

Hadits di atas menegaskan bahwa Nabi sangat menganjurkan kita untuk melakukan sholat dhuha meski hanya 2 rakaat. Kita mesti tahu bahwa setiap yang Rasulullah saw perintahkan kepada kita pasti memiliki manfaat dan kebaikan di dalamnya.

Sebagai Pengganti Sedekah
Dalam Islam, kita diwajibkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan salah satu caranya adalah dengan cara bersedekah. Setiap hari, kita diwajibkan untuk bersedekah. Bersedekah sendiri tidak harus memberi sesuatu kepada orang lain, karena dalam Islam bersedekah dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Dan salah satu cara untuk mendapatkan pahala sedekah adalah dengan cara melakukan shalat dhuha dua rakaat. Dan hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah sebagai berikut, diriwayatkan oleh Abu Dzar bahwa Rasulullah bersabda,

"Di pagi hari, setiap orang dari kalian berkewajiban untuk bershadaqah; setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap takbir shadaqah, yang memerintahkan untuk berbuat baik adalah shadaqah, melarang dari munkar adalah shadaqah, dan itu semua cukup dengan dua raka'at dhuha yang dia lakukan "
[HR. Muslim]

Shalatnya Orang-Orang yang Bertaubat
Rasulullah saw bersabda:

"Sholatnya orang-orang yang bertobat adalah pada saat berdirinya anak unta karena panasnya matahari."
[HR. Muslim]

Sholat yang dimaksud adalah sholat Dhuha. Hadits di atas itu menerangkan juga bahwa waktu yang paling utama untuk mengerjakan sholat dhuha ialah ketika matahari sudah mulai terik.

Shalatnya Orang yang Taat
Orang yang rajin melakukan sholat dhuha akan memiliki nilai lebih di mata Allah SWT, karena orang yang rajin melakukan sholat dhuha akan dianggap sebagai orang yang taat kembali di jalan kebaikan Islam, inilah mengapa sholat dhuha juga disebut sebagai sholat awwabin

"Tidak menjaga sholat Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Ini adalah sholat awwabin."
[HR. Ibnu Khuzaimah]

Diampuni Dosa-Dosanya Sehari Penuh
Salah satu kebajikan sholat dhuha lainnya adalah dimaafkan atas dosa-dosanya pada siang hari oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi sebagai berikut:

"Siapa saja yang mengerjakan sholat dhuha secara kontinyu, maka dia akan dimaafkan dosanya oleh Tuhan. Bahkan jika itu seperti busa di lautan."
[HR. Tirmidzi]

Semua hala dimudahkan oleh Allah
Orang yang melakukan sholat dhuha 4 rakaat, maka Allah akan meringankan urusannya pada hari itu, memecahkan masalah yang dihadapinya, dan mencukupi semuanya.

Allah berfirman:

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” 
[HR. Ahmad]

Mendapatkan Pahala Haji dan Umrah Dengan Shalat Dhuha
Haji dan umrah merupakan ibadah yang wajib dilakukan bagi mereka yang memiliki rizki yang cukup untuk bepergian ke tanah suci. Pahala yang diperoleh dari haji dan umroh sangat besar, tapi kalau tidak bisa melakukannya, maka perbanyaklah melakukan sholat dhuha. Karena dengan melakukan shalat dhuha, Allah akan memberi penghargaan setara dengan haji dan umrah, masha Allah.

"Siapa saja yang melakukan sholat subuh secara berjamaah, kemudian dia duduk banyak berdzikir kepada Allah sampai terbitnya matahari, lalu dia shalat dua rakaat (Dhuha), dia mendapatkan ganjaran seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna. "
[Shahih al-Jami`: 6346]

Mendapatkan rumah di surga
Bagi yang rajin menjalankan shalat Dhuha, maka dia akan dibangunkan sebuah rumah di surga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis Nabi :

"Siapa pun yang sholat Dhuha empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka dia akan dibangunkan sebuah rumah di surga."
(Shahih al-Jami`: 634)

Nantikan artikel lainnya tentang :
- kisah nyata sholat dhuha
- rahasia sholat dhuha 4 rakaat
- manfaat sholat dhuha bagi wanita
- rahasia sholat dhuha dan tahajud
- rahasia di balik sholat dhuha
- manfaat shalat dhuha bagi kecantikan
- rahasia sholat dhuha yusuf mansur

Sumber :
http://warungkopi.okezone.com/thread/537651
https://www.islampos.com/6-rahasia-dan-keutamaan-shalat-dhuha-23966/


Tag : Sholat Dhuha
Back To Top