Keutamaan Shalat Dhuha


Keutamaan shalat dhuha seharusnya memotivasi kita untuk mengerjakannya. Diantara keutamaan shalat dhuha tersebut adalah :

Setara dengan pahalanya bersedekah
Mengerjakan shalat dhuha memiliki pahala dengan nilai yang sama seperti pahala sedekah. Sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita terlebih jika kita ikhlas mengerjakannya.  Orang islam yang mengerjakan shalat dhuha akan memperoleh ganjaran pahala sebanyak persendian itu. Seperti hadits Rasulullah yang berbunyi:

"Diriwayatkan dari Buraidah bahwa dia berkata: Saya telah mendengar Rasulullah saw bersabda: Ada tiga ratus enam puluh tiga segmen dalam manusia. Dia berkewajiban memberikan sedekah untuk setiap bagian itu." Sahabat bertanya, ' Siapa yang dapat melakukan itu, wahai Rasulullah? 'Dia berkata,' Ludah di masjid yang dia tumpahkan lalu dibersihkan atau sesuatu (penghalang) yang dia buang dari jalanan (dapat mewakili kewajiban sedekah). Jika anda belum bisa, dua rakaat sholat Dhuha cukup untuk mewakili tugas Anda tersebut".

Allah mencukupi kebutuhannya
Sholat Dhuha adalah sholat yang dilakukan untuk meminta rizki kepada Allah SWT. Hal ini ditunjukkan dengan penetapan waktu pelaksanaan dan tersirat dalam doa yang dibacakan setelah pelaksanaan sholat.

Selain itu, Allah juga menjanjikan kepada setiap Muslim yang rajin melakukan sholat Dhuha akan memenuhi kebutuhannya, setidaknya di sore hari atau di penghujung hari.

Dengan janjinya, Tuhan benar-benar ingin memberi penghargaan dan menghargai kesediaan hamba-Nya untuk mengingat diriNya pada saat Dhuha dengan memenuhi apa yang dia butuhkan sepanjang hari.

Janji Tuhan ini akan menjadi penyebab terhindarnya hati yang gelisah karena kurangnya rizki yang didapat dan mencegah bahaya keputusasaan bagi sebagian orang yang tidak diberi rizki cukup.

Mencapai keuntungan lebih cepat
Orang yang rajin melakukan sholat dhuha akan mendapatkan keuntungan lebih cepat atas izin Allah. Itu terjadi pada zaman Nabi Muhammad dimana Rasul membandingkan orang-orang beriman yang melakukan sholat Dhuha dengan mujahid yang berangkat untuk berperang di medan perang yang dekat dengan tempat tinggal mereka dan kemudian kembali dengan cepat ke tempat asal mereka dengan banyak ghanimah (rampasan perang) dan tentu saja sebuah kemenangan.

Utusan Allah menganggap bahwa keuntungan yang bisa didapat oleh orang-orang yang melakukan shalat Dhuha akan berjumlah lebih dari manfaat yang bisa didapat oleh mujahid tersebut.

Dihargai dengan rumah di surga
Orang yang selalu rela menghabiskan waktunya untuk melakukan shalat dhuha akan dijanjikan pahala oleh Tuhan dalam bentuk rumah indah yang terbuat dari emas nantinya di akhirat.

Dikisahkan oleh Anas di marfu ', "Siapapun yang melakukan sholat shalat dua belas rakaat, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga."

Mendapatkan pahala haji dan umrah
Orang yang melakukan sholat Dhuha dengan rajin akan mendapatkan pahala haji dan umrah yang sempurna.

Dari Anas ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa melakukan salat pagi shubuh berjemaah, lalu dia duduk mengingat Allah sampai matahari terbit, lalu dia shalat dua rakaat (Dhuha), maka dia mendapatkan ganjaran seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna "

Menggugurkan dosa
Sholat Dhuha akan menggugurkan atau menghilangkan dosa orang-orang yang secara teratur melakukan sholat dhuha meski dosanya sama jumlahnya dengan buih di lautan.

"Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda, 'Siapapun yang memelihara sholat Dhuha yang genap jumlah rakaatnya, maka Allah mengampuni dosa-dosanya, meski sebanyak seperti buih laut'."
(HR Tirmidzi)


Membuatkannnya pintu khusus di surga
Keutamaan lain yang Tuhan janjikan kepada mereka yang rajin melakukan sholat dhuha adalah bahwa dia akan dibuatkan pintu khusus di surga, pintu yang disebut Dhuha. Jadi jelas bahwa orang yang rajin melakukan sholat dhuha memiliki kedudukan tinggi di mata Allah SWT untuk dibuatkan pintu tersendiri masuk surga.

Dimasukkan kelompok muhsinin
Orang yang sholat dhuha akan masuk dalam kelompok muhsinîn (orang melakukan ihsan) yaitu ahli ibadah dan menjadi kelompok yang beruntung.

Selalu terjaga dalam perlindungan Tuhan
Mereka yang selalu merutinkan sholat dhuha maka selalu akan berada dalam penjagaan dan perlindungan dari Allah  sepanjang hari dari perbuatan-perbuatan buruk.

“Diriwayatkan dari Nu‘aim bin Hammar bahwa ia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah bersabda, ‘Allah berfirman, ‘Wahai anak Adam, janganlah kamu merasa lemah (kehilangan kesempatan) untuk beribadah kepada-Ku dengan cara mengerjakan shalat empat rakaat di awal waktu siangmu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu di akhir harimu’.” 
(HR. Abu Dawud)

Yang dimaksud dengan ‘mencukupkan’ adalah melindunginya dari segala bencana dan kejadian yang merugikan. Bisa juga yang dimaksud adalah menjaganya dari dosa-dosa dan memberikan maaf kepadanya manakala ia sudah telanjur melakukan dosa, atau dengan pengertian yang lebih luas lagi.

Sama dengan menjalankan wasiat Rasul
Sholat dhuha diwasiatkan oleh Rasulullah kepada Abu Hurairah untuk menjadi amal harian.

"Kekasihku -Rasulullah sallallaahu 'alaihi wa sallam-mewasiatkan tiga tiga hal kepadaku: berpuasa tiga hari setiap bulannya, sholat dhuha dua raka'at dan sholat sholat witir sebelum tidur."
  (Muttafaq ‘alaih)

Memperoleh ganjaran di sore hari
Dari Abu Darda ra, dia mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda: Allah Ta'ala berfirman: "Hai anak Adam, sholatlah empat rakaat di awal hari, maka aku akan memenuhi kebutuhanmu (pahala) saat sore hari"
(Shahih al-Jami: 4339) 

Artikel yang insya Allah akan ditulis :
- keajaiban sholat dhuha
- rahasia sholat dhuha
- manfaat sholat dhuha bagi wanita
- keutamaan sholat dhuha dan doanya
- fadhilah sholat dhuha yang mengagumkan
- fadhilah dhuha 2 s/d 12 rakaat
- keutamaan sholat dhuha dan tahajud
- fadhilah sholat dhuha yusuf mansur

Sumber :
https://dalamislam.com/shalat/keutamaan-shalat-dhuha
http://blog.bersiap.com/informasi/doa-tata-cara-waktu-dan-keutamaan-sholat-dhuha-
https://www.islampos.com/6-rahasia-dan-keutamaan-shalat-dhuha-23966/


Tag : Sholat Dhuha
Back To Top