Manfaat Sholat Wajib 5 Waktu


Salah seorang saudara kita telah mengajukan pertanyaan, apa manfaat sholat wajib 5 waktu ?

Allah Subhanah wa a'ala menyatakan dalam Al Quran bahwa bagi setiap umat, Dia telah memerintahkan untuk melakukan ritual keagamaan dan untuk umat Nabi Muhammad, salah satu ritual ibadahnya adalah sholat wajib lima kali sehari seperti yang dilakukan dan diajarkan oleh Rasulullah.

Menyembah Allah sebagai Tuhan Pencipta kita, sangat luas implikasinya. Ibadah berarti memuja, melayani dan mematuhi Allah dalam hidup kita secara keseluruhan. Kita dilahirkan sebagai pegawai Allah SWT, kita tidak bisa menyerah dalam melayani dan menaati-Nya setiap saat atau dalam kondisi apapun. Sama halnya seperti kita tidak bisa mengatakan bahwa kita adalah hamba Allah untuk waktu tertentu saja, kita tidak bisa mengatakan bahwa kita akan menghabiskan hanya waktu tertentu dalam menyembah-Nya, dan menghabiskan sisa waktu yang lainnya untuk sesuatu yang lain. Dia menciptakan kita untuk ibadah kepada-Nya, dan kita punya tugas, kewajiban dan tanggung jawab bahwa seluruh hidup kita akan didedikasikan untuk menyembah-Nya.

Untuk alasan inilah yang namanya ibadah itu tidak identik dengan duduk di sudut masjid dengan menyebut nama Allah SWT saja. Ibadah berarti bahwa apapun yang kita lakukan di dunia ini harus sesuai dengan bimbingan Allah SWT. Apakah kita sedang tidur atau terjaga, makan atau minum, bekerja atau bersantai. Apapun aktivitas yang kita lakukan, kita masuk dalam ibadah kepada-Nya jika dilakukan dalam rangka ketaatan kepada-Nya.

Ketika kita berada di rumah dengan istri dan anak-anak, saudara-saudara, teman-teman dan relasi, maka harus berperilaku sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Ketika kita pergi keluar untuk belajar atau bekerja, kita harus tetap dalam pandangan Allah SWT setiap saat dalam hal mentaati perintah-perintah Allah serta urusan halal dan haram. Ketika dalam gelap malam, ketika kita merasa bahwa kita dapat melakukan dosa yang tak seorang pun di dunia ini dapat melihatnya, maka saat itu adalah waktu untuk ingat bahwa Allah Maha Mengawasi segala sesuatu.

Meninggalkan rumah dan duduk di sebuah gua terpencil, tidak dianggap sebagai ibadah dalam Islam. Ibadah adalah terlibat dalam urusan sehari-hari dan mengikuti cara yang Allah perintahkan. Dalam kehidupan sementara ini, peluang begitu banyak untuk tidak mematuhi Allah dan menerima godaan setan yang ada di sekitar kita, kita harus selalu mengingat Allah dan tetap teguh dalam mengikuti hukum-Nya dan perintah-Nya dan itulah yang dianggap ibadah yang benar menurut Allah.

Allah berfirman dalan Surat Al Jumu'ah ayat 10 :

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung."

Jika kita terus menjaga konsep yang komprehensif ini dan makna dari ibadah atau penyembahan kepada Allah, maka kita dapat memahami bahwa sholat kita akan membantu kita mewujudkan kualitas yang diperlukan untuk menjalani hidup dan berkat itulah yang dianugerahkan kepada kita.

Ada lima alasan utama atau manfaat dari diperintahkannya sholat wajib 5 waktu :
  • merupakan tindakan untuk selalu mengingat Allah SWT
  • menunjukkan rasa ketaatan mutlak kepada Allah 
  • meningkatkan kesadaran dan kesalehan kepada Allah
  • meningkatkan pengetahuan kita tentang hukum dan perintah-Nya ketika kita membaca Al-Quran dalam sholat.
  • menghasilkan dan mengkonsolidasikan kekompakan sosial umat dalam shalat berjamaah
Penejelasannya begini :

Manfaat Sholat Wajib 5 Waktu


Merupakan tindakan untuk selalu mengingat Allah SWT
Untuk menumbuhkan dan terus-menerus menghidupkan kesadaran bahwa kita adalah hamba Allah SWT bukanlah tugas yang mudah, karena setan selalu mencoba untuk membawa kita menjauh dari Allah SWT dan membuat kita sibuk dalam mengejar godaan dunia ini. Sholat adalah tindakan yang akan memungkinkan kita untuk mengurangi godaan setan tersebut dan terus-menerus menghubungkan kita kembali kepada Allah.

Dalam Quran Surat Al Baqarah 45-46 :
"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya."

Ketika kita bangun di pagi hari, sholat subuh mengingatkan kita bahwa kita adalah hamba Allah. Ketika kita sibuk dalam pekerjaan kita dan mencari penghidupan di hari itu, sholat Zhuhur dan Ashar membuat link kita kembali kepada Allah. Ketika kita kembali ke rumah saat matahari terbenam, sholat Magrib mengingatkan kita jangan lupa tugas kita kepada Allah, dan ketika kita hendak pergi tidur, sholat Isya juga berperan sama. Oleh karena itu sholat wajib 5 waktu, terlepas dari apa yang kita lakukan sepanjang hari dan sepanjang malam, selalu mengingatkan kita dan menghubungkan kita kembali kepada Allah sebanyak lima kali setiap hari dalam kehidupan kita.

Menunjukkan rasa ketaatan secara mutlak kepada Allah
Mereka yang bertugas sebagai seorang tentara atau polisi, pasti tahu bagaimana mereka memahami pentingnya ketaatan dan tugas. Setiap komando dan parade, dilakukan melalui pemberitahuan atau perintah yang sangat singkat. Tujuan dari latihan ini adalah untuk melatih para prajurit dalam merespon dan melaksanakan perintah dalam ketaatan mutlak. Rutinitas ini juga membedakan antara mereka yang taat dan tidak taat. Prajurit tidak bisa mengatakan bahwa ia tidak bersedia untuk menghadiri parade, juga tidak bisa seorang tentara mengatakan bahwa ia sedang latihan sendiri, tidak juga seorang prajurit diperbolehkan untuk menantang petugas komandannya, jika ia benar-benar ingin tetap menjadi tentara.

Demikian pula, sholat memanggil orang-orang yang percaya untuk melakukannya lima kali sehari untuk berkumpul di rumah Allah. Mendengar azan (komando), sama saja dengan mendapat tugas dan tentara sejati untuk akan melupakan apa pun yang sedang mereka lakukan, dan segera bergegas untuk melakukan kewajibannya taat akan komando tersebut sebagai tindakan mutlak dari ketaatan, dan membuktikan dengan tindakan itu bahwa mereka selalu siap untuk melakukan panggilan dari Allah kapanpun mereka dipanggil.

Meningkatkan kesadaran dan kesalehan kepada Allah
Lima kali sehari kita diingatkan tentang perjanjian (kewajiban) yang kita buat dengan Allah. Dari sejak bangun sampai kembali ke tempat tidur, kita diingatkan dengan sholat untuk mengingat Allah. Seorang muslim sejati akan sadar di dalam hatinya bahwa hal pertama yang akan diminta pertanggungjawaban di hari kiamat adalah perihal kewajiban sholat. Dengan demikian ia terus-menerus takut dengan Hari Perhitungan setidaknya lima kali sehari. Kalau diumpamakan bahwa shalat lima waktu itu seperti pengisi daya baterai untuk mengecash keimanan. Pengecasan sebanyak lima kali sehari membuat kita tetap sadar sepenuhnya akan misi hidupnya dan perjanjian yang telah dibuat dengan Allah.

Meningkatkan pengetahuan kita tentang hukum dan perintah-Nya 
Sholat adalah instrumen tempat pengetahuan Ilahi digali. Bagian dari Quran yang dibacakan di setiap sholat, dimaksudkan untuk mengajari kita akan hukum dan perintah Allah. Maka seandainya kita tak mengetahui makna dan memahami apa yang kita baca dalam sholat, maka kita diperintah untuk segera mendatangi atau bertanya kepada mereka yang tahu alias mengaji. Jadi bagi yang berfikir, sholat adalah sarana untuk memupuk ilmu yang tidak kita punya.

Menghasilkan kekompakan sosial umat dalam shalat berjamaah
Sholat berjamaah yang dilakukan lima kali sehari, sholat Jum'ah yang dilakukan seminggu sekali, shalat Idul Fitri, melakukan ibadah haji sekali dalam seumur hidup merupakan simbol persatuan umat Islam. Berjamaah akan membuat dinding yang kuat dan menciptakan satu tujuan, kekompakan dan kesatuan yang nyata di antara umat Islam.

Itulah 5 manfaat sholat wajib yang bisa kita gali dan hendaknya diketahui oleh seluruh umat Islam. Semoga bermanfaat.


Tag : Sholat Wajib
Back To Top