Shalat Witir 1 Rakaat


Kalau kemarin Saya menulis tentang shalat witir 3 rakaat, sekarang Saya menulis tentang shalat witir 1 rakaat.

Dalil Shalat Witir 1 Rakaat
Untuk sahabat yang barangkali mempunyai waktu yang sangat singkat atau terbatas atau kepepet untuk mengerjakan shalat witir 3 rakaat,  maka tidak apa-apa jika mampunya melaksanakan shalat witir hanya 1 rakaat saja. Ini ada keterangan haditsnya biar Anda merasa mantap dan tenang menjalankannya.


و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ قَالَ سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ عَنْ الْوِتْرِ فَقَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ رَكْعَةٌ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ وَسَأَلْتُ ابْنَ عُمَرَ فَقَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ رَكْعَةٌ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ


Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Abdusshamad telah menceritakan kepada kami Hammam telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Abu Mijlaz katanya; aku bertanya kepada Ibnu Abbas tentang witir, dia menjawab; Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Satu rakaat dari akhir (shalat) malam."dan saya bertanya kepada Ibnu Umar maka beliau menjawab; Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Satu rakaat dari akhir (shalat) malam."
(Shahih Muslim : 1249)


Hadits yang semakna juga bisa Anda lihat pada Kitab Sunan Abu Daud : 1211, Sunan Nasai : 1671, 1672, 1673,  Musnad Ahmad : 2693, 3233, 4646, 4774 dan 4880.

Tatacara Shalat Witr 1 Rakaat
Prakteknya sama dengan shalat witir 3 rakaat atau shalat sunat lain pada umumnya, baik dari rukun shalat maupun bacaan shalat. Yang berbeda hanya terletak pada niat shalat dan jumlah rakaat.  Satu lagi yang paling ditekankan dari hadits-hadits di atas adalah waktu pengerjaannya. Dari sumber-sumber hadits yang telah Saya tuliskan di atas, dianjurkan pengerjaan shalat witir 1 rakaat adalah sebagai penutup shalat malam yakni akhir malam/menjelang waktu subuh.

Niat Shalat Witir 1 Rakaat
Niat shalat witir yang wajib, dikerjakan dalam hati, namun apabila mau ditambahkan dengan melafadzkannya, kalimah yang dibaca adalah :


أصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَة لِلهِ تَعاَلَى



Ushollii sunnatal witri rok’atan lillaahhi ta’aalaa.
“Aku niat sholat sunnat witir 1 roka’at karena Allah Ta’ala”






============================

BUKU FIQIH TERLARIS

Mabadi Fiqih
Fiqih Muyassar
Rezeki Deras dengan Sholat Dhuha
Keajaiban Puasa Senin Kamis
Fiqih Lengkap Madzhab Syafi'i
==========================
Tag : Shalat Witir
Back To Top